{Resep Jamu beras kencur sederhana yang Enak

Jamu beras kencur sederhana. Kwkwkkwkwkwkw Maaf ya mama cookpad, berkali kali ngingetin saya. emang dasar saya yg nakal, seringnya terakhir melulu kalo nulis. Kali ini aku bikin jamu beras kencur sederhana krn pakek alat seadanya cuma pakek parutan dan cobek buat halusin bahan jamu beras. Sejak dahulu, jamu beras kencur telah dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat luas karena memiliki banyak manfaat.

Jamu beras kencur sederhana Jamu beras kencur biasanya dijajakan oleh pedagang jamu keliling. Jamu tersebut diracik sendiri oleh penjualnya sehingga rasanya sangatlah khas. Jamu beras kencur ini dibuat dari aneka rempah alami seperti beras putih, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa dan lain sebagainya. {Kawan-kawan dapat menyiapkan Jamu beras kencur sederhana hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Jamu beras kencur sederhana!

Bahan Jamu beras kencur sederhana

  1. Dibutuhkan 1 genggam Kencur.
  2. Gunakan 1 ruas Jahe.
  3. Gunakan 5 sndok mkn beras (drendam air matang hangat slm 1 jm).
  4. Sediakan 1 keping kecil gula merah.
  5. Siapkan 3 sndok mkn gula pasir.
  6. Sediakan Sejumput garam.
  7. Gunakan Asam jawa (sesuai selera).
  8. Gunakan 600 ml Air.

Bahan-bahan yang digunakan memang sederhana, namun menyimpan khasiat yang luar biasa dibanding minuman segar lainnya. Selain murah, jamu beras kencur mudah untuk didapatkan. Jamu yang berbahan beras, rimpang dan kencur ini ternyata punya segudang manfaat loh. Kamu perlu banget mempertimbangkan untuk mengonsumsi jamu ini.

Cara membuat Jamu beras kencur sederhana

  1. Siapkn smua bahan kupas dan cuci smpai brsih... beras yg sdh drendam air matang slm 1 jam kita tiriskan.
  2. Disini jahe sm kencur Q parut ya krn dkos blm pny blender....
  3. Setelah dparut kita beri 600ml air...masukkan gula merah..gula pasir..asam jawa dan garam..lalu kita rebus smpai mendidih.
  4. Sambil menunggu mndidih kita haluskan beras yg sdh kita tiriskan td..saya mnggunakan cobek untk mnghaluskn berasnya.
  5. Setelah mndidih angkat...kalau drasa air rebusan sdh hangat kita masukkan beras yg sdh dhaluskan td...kita aduk dan kita saring.
  6. Setelah dsaring jamu beras kencur siap di hidangkan... dengan es jg lebih nikmat dan segar.

Cara pengolahannya cukup sederhana, yaitu dengan menyangrai beras lalu ditumbuk hingga halus. Bahan-bahan yang lain juga ditumbuk dalam alat tumbuk tradisional bernama lumpang dan alu yang bisa terbuat dari besi, kayu, ataupun batu. Jamu beras kencur juga memiliki manfaat sebagai obat diare alami. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan, kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Beras kencur ini dapat disebut sebagai jamu dan penyegar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "{Resep Jamu beras kencur sederhana yang Enak"

Posting Komentar