{Cara Memasak Es Selendang Mayang Betawi Kekinian

Es Selendang Mayang Betawi. Semakin jarang ditemui, kini Benoe akan mengajak kita untuk pergi mencari minuman segar khas Betawi, yaitu Es Selendang Mayang. Hai hai. apa kabar semua ^^ Video kali ini aku membuat Jajanan Khas dari Betawi, yaitu Selendang Mayang. #selendangmayang #jajananpasar ide pembuatannya. Es selendang mayang adalah salah satu minuman tradisional Indonesia asal Jakarta.

Es Selendang Mayang Betawi Itupun dalam jumlah yang tidak banyak. Namun, keistimewaan es segar ini tetap dikenang. Es selendang mayang merupakan minuman yang memadukan kue kenyal berwarna-warni dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah santan dan saus gula. {Cara membuatnya cukup mudah, kamu dapat menyiapkan Es Selendang Mayang Betawi hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Es Selendang Mayang Betawi yuk!

Bahan-bahan Es Selendang Mayang Betawi

  1. Dibutuhkan tepung hunkwe.
  2. Dibutuhkan tepung beras.
  3. Diperlukan gula pasir.
  4. Dibutuhkan garam.
  5. Dibutuhkan air.
  6. Siapkan Pasta pandan.
  7. Siapkan Pewarna makanan merah cabe.
  8. Dibutuhkan Bahan gula :.
  9. Siapkan gula merah.
  10. Dibutuhkan gula pasir.
  11. Siapkan air.
  12. Dibutuhkan Bahan santan :.
  13. Dibutuhkan santan kara.
  14. Gunakan air.
  15. Dibutuhkan garam.
  16. Gunakan Daun pandan.

Minuman tradisional khas Betawi ini sangat menyegarkan diminum siang hari. Dari Betawi ada es selendang mayang yang patut dicoba. Meski aslinya dari Jakarta, es selendang mayang kini semakin sulit ditemui. Melihat tradisi Betawi, selendang mayang biasanya disajikan saat pesta pernikahan, sebagai menu takjil atau acara hajatan bernuansa budaya Betawi.

Langkah-langkah membuat Es Selendang Mayang Betawi

  1. Campur tepung hunkwe, tepung beras, gula pasir dan garam dalam satu wadah..
  2. Masukkan air, aduk sampai halus.
  3. Bagi 3 adonan dgn jumlah sama rata. Campur satu bagian dgn pasta pandan dan satu bagian lainnya dengan pewarna merah.
  4. Masak adonan dengan hijau sampai matang yang ditandai dengan adonan meletup2. Masukkan ke dalam loyang yang dialasi plastik.
  5. Selanjutnya masak adonan putih. Setelah matang tuangkan di atas adonan hijau.
  6. Selanjutnya masak adonan merah. Setelah matang tuangkan di atas adonan putih. Sisihkan sampai dingin.
  7. Masak air gula.
  8. Masak santan.
  9. Sajikan es selendang mayang ditambah dengan es batu.

Es Selendang Mayang ini adalah salah satu minuman khas yang berasal dari daerah Jakarta alias Betawi. minuman ini banyak sekali digemari masyarakat. karena disamping rasanya yang khas minuman ini juga begitu enak dan segar ketika dinikmati. nah, untuk kali ini kami juga akan bagi- bagi. Es selendang mayang merupakan sajian es khas Betawi dengan isian serupa puding yang dibuat dari tepung sagu aren. Pertama, buat puding selendang mayang lebih dahulu. Salah satu minuman tradisional Betawi satu ini mungkin sangat pas untuk di nikmati saat cuaca panas di kota besar seperti Jakarta. Nama minuman tradisional satu ini adalah Es Selendang Mayang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "{Cara Memasak Es Selendang Mayang Betawi Kekinian"

Posting Komentar